Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mahasiswa

Tabungan Adalah


Baiklah, pada postingan blog kali ini saya akan ceritakan beberapa usaha sampingan untuk menambah penghasilan yang tepat buat kamu para mahasiswa kimia . Cerita ini berdasarkan apa yang dialami dan diceritakan oleh teman saya yang kebetulan kuliah di jurusan pendidikan kimia. Selain sebagai seorang mahasiswa, ia juga melakukan beberapa kerja sampingan demi mendapatkan penghasilan tambahan dan menabung untuk masa dapan. Tabungan adalah simpanan uang yang akan sangat berguna untuk kedepannya ketika lulus kuliah nanti yang bisa digunakan untuk berbagai hal seperti membuka usaha misalnya. 


Padahal dia adalah seorang perempuan, dan menurut saya, dia begitu pandai mengatur waktu. Mungkin itu juga yang harus menjadi kunci utama bagi kamu yang ingin mendapatkan uang tambahan melalui kerja sambilan. 


Padahal, selain kuliah, ia juga aktif dalam kegiatan organisasi. Prinsipnya, kuliah adalah hal utama. Organisasi nomor dua dan kerja sampingan adalah pelengkap. Sebagai pelengkap, tentu saja kalau ditinggalkan berarti akan jadi tidak lengkap. Ia mengambil beberapa kerja sambilan yang masih terkait dengan bidangnya. Baginya, dengan mengambil kerja sambilan terkait dengan bidang, itu sama artinya ia mengamalkan apa yang ia dapatkan di bangku perkuliahan. Menurut saya, dia keren. 


Kerja Sambilan Buat Mahasiswa Kimia

Berapa penghasilan yang ia dapat dari kerja sambilan? Jutaan. Meski tidak sampai puluhan. Paling hanya satu sampai dua saja. Tapi itu tetap keren bukan? Padahal perlu kamu tahu, ia juga merupakan duta di jurusanya. Maklum, di dukung dengan penampilan yang menarik. eits, kerja sambilanya bukan negatif lho ya. Ia melakukan kerja sambilan pada beberapa bidang di bawah ini. 


1. Guru Les Privat

Pilihan pertama yang paling bijak adalah jadi guru les privat mengingat mata pelajaran kimia adalah salah satu mata pelajaran yang diujikan di ujian nasional bagi anak SMA yang mengambil jurusan IPA. Nah untuk sekali berangkat, kamu bisa mendapatkan penghasilan hinga 50 ribu lebih, bayangkan kalau satu minggu berangkan 5 kali saja. 


2. Jaga Toko

Berikutnya memang tidak terkait dengan bidang yang kamu tekuni, tapi minimal tidak mengganggu kuliah kamu. bahkan kamu bisa jaga toko sambil belajar. Kamu bisa mangambil job part time yang kamu sesuaikan dengan jadwal kuliah kamu. tiap bulan kamu bisa dapatkan di atas 1 juta. 


3. Blogger / Youtuber

Kalau kamu lebih suka berbagai apa yang kamu dapat di bangku perkuliahan dengan orang lain lewat tulisan atau video. Cobalah jadi blogger atau youtuber. Jadilah publihser google. Penghasilanya tidak terbatas. 


4. Agen Reseller  / Olshop

Berikutnya, kamu juga bisa jadi agen reseller produk yang lagi hits sekarang seperti skin care. yaitu seseorang yang bertugas menjual barang yang sedang populer ada di pasaran. tiap barang yang terjual, kamu akan mendapatkan komisi, jumlah penghasilanya bisa di atas satu juta lebih. untuk informasi lebih lanjut kalian bisa mencari informasinya sebaiknya langsung dari produsen awal agar keuntungannya lebih besar. 


5. Jurnalis Lepas

Kalau kamu punya keahlian menulis berita, kamu bisa juga gabung ke salah satu media online. Tawarkan diri kamu, untuk sekali tulisan kamu di muat kamu bisa dapatkan puluhan ribu.


6. Investasi Online

Jika kamu memiliki modal uang dingin saat ini maka kamu bisa melakukan investasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan kedepannya. Ada berbagai macam jenis macam investasi yang populer saat ini mulai dari saham, reksadana, emas hingga pendanaan P2P lending seperti di Akseleran misalnya.

Posting Komentar

0 Komentar